Sabtu, 31 Mei 2008

Meningkatkan Kualitas Jerami Padi Sebagai Pakan Ternak Sapi Potong

PROSES PEMBUATAN

JERAMI PADI FERMENTASI

Untuk meningkatkan kualitas nutrisi jerami perlu dilakukan proses fermentasi terbuka selama 21 hari. Hal ini dilakukan dengan menggunkan probiotik (PROBION) sebagai pemacu proses degradasi komponen serat dalam jerami padi sehingga akan lebih mudah dicerna oleh ternak. Proses fermentasi terbuka ini dapat dilakukan pada tempat terlindung dari hujan maupun sinar matahari langsung. Prose pembuatan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap fermentatif dan tahap pengeringan serta penyimpanan.

Pada tahap pertama, jerami padi yang baru dipanen dari sawah dikumpulkan pada tempat yang telah disediakan, dan diharapkan masih mempunyai kandungan air sekitar 60%. Bahan yang digunkan dalam proses fermentatif adalah urea dan probion, yaitu campuran dari berbagai mikroorganisme yang dapat membantu pemecahan komponen serta dalam jerami padi. Jerami padi yang segar akan dibuat menjadi jerami padi fermentasi ditimbun dengan ketebalan kurang lebih 20-30 cm kemudian ditaburi dengan probion dan urea dengan takaran 2,5 kg probion dan 2,5 kg urea untuk setiap ton jerami pad segar. Tumpukan jerami padi segar tersebut dapat dilakukan hingga ketinggian sekitar 3 m. setelah pencampuran dilakukan secara merata, kemudian didiamkan selama 21 hari agar proses fermentatif dapat berlangsung dengan baik.

Tahap kedua adalah proses pengeringan dan penyimpanan jerami padi fermentasi. Tumpukan jerami padi yang telah mengalami proses fermentatif tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari dan di anginkan sehingga cukup kering sbelum disimpan pada tempat yang juga terlindung. Setelah proses pengeringan ini, maka jerami padi fermentasi tersebut dapat diberikan pad ternak ruminansia (sapi, kambing dan domba) sebagai bahan pengganti rumput segar. Dengan cara demikian pemanfaatan hijauan pakan ternak dalam bentuk jerami padi akan dapt dilakukan sepanjang tahun dan lebih efisien dalam pemanfaatan waktu dan tenaga peternak.

Nilai nutrisi jerami padi.

Parameter

Jerami Padi

Jerami Padi Fermentasi

Protein

NDF

Daya Cerna NDF

3,5

80

28-30

7

77

50-55

Sumber : Balitnak Ciawi-Bogor

Tidak ada komentar: